Pasti ada alasan tertentu mengapa sebuah brand bisnis berada di #Facebook,
itu karena mereka ingin meningkatkan level bisnisnya. Berbagai brand
bisnis memiliki tujuan yang berbeda saat berada di Facebook, ada yang
mempromosikan aplikasi mobile mereka, meningkatkan penjualan via online,
launching produk baru, atau membangun Brand Awareness. Walaupun tidak
semua bisnis memiliki tujuan yang sama, tapi kita mengakui bahwa
Facebook adalah media sosial yang sangat efektif untuk menjangkau banyak
orang karena pengguna aktif Facebook sangat banyak.
Jika Anda seorang pemilik website bisnis
dan ingin membangun komunitas di Facebook, ada cara yang bisa dilakukan
agar para pengguna Facebook menjadi pelanggan bisnis Anda. Langkah awal
yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah Fans Page. Kemudian
Anda mengajak lebih banyak pengguna Facebook masuk ke dalam komunitas
Fans Page Anda, setelah itu Fans Page tersebut akan mengirimkan trafik
ke #website
bisnis Anda. Lalu dari halaman website Anda, visitor akan menjadi
prospek yang berkualitas, selanjutnya prospek yang Anda kelola dengan
baik akan menjadi pelanggan bisnis Anda. Alurnya kira-kira seperti itu.
Di artikel ini saya akan sedikit
membahas cara memperbanyak like di Facebook Fans Page bisnis Anda. Tidak
hanya sekedar menambah like, dengan cara yang akan dibahas ini kita
akan membangun sebuah halaman Fans Page yang di dalamnya terdapat
orang-orang yang memiliki minat pada bisnis/ produk Anda.
Ini Cara Memperbanyak Like di Facebook Fans Page
1. Membuat Fans Page Sesuai Niche Bisnis
Fans page yang akan kita bangun tentunya
harus sesuai dengan niche bisnis yang digeluti. Jika bisnis Anda adalah
menjual pakaian wanita, maka fans page yang dibuat juga harus sesuai
dengan thema bisnis. Di halaman fans page tersebut kita bisa
mencantumkan beberapa informasi yang sesuai dengan bisnis Anda,
misalnya;
- Menambahkan deskripsi fans page
- Memasang link menuju website bisnis
- Menambahkan informasi lainnya (nomor telepon, Pin BBM, WA)
Perhatikan juga penggunaan profile picture dan cover fans page yang dibuat, pastikan sesuai dengan bisnis Anda.
Artikel lain: Cara Membuat Facebook Fans Page Untuk Bisnis Anda
2. Membangun Konten yg Bermanfaat di Fans Page
Kesan pertama pengunjung fans page Anda
sangat penting, karena itu jangan terburu-buru untuk memperkenalkannya
ke pengguna Facebook lain. Sebelum memperkenalkan atau mempromosikan
fans page Anda, sebaiknya isi dulu dengan berbagai konten yang
bermanfaat dan masih berhubungan dengan bisnis Anda. Konten ini bisa
dalam bentuk teks dan gambar, atau bisa juga memasukkan link artikel
dari website Anda.
3. Mengundang Teman Facebook Untuk Memberikan Like
Setelah mengisi fans page dengan
beberapa konten bermanfaat, langkah pertama yang bisa kita lakukan
adalah memperkenalkan fans page tersebut ke friendlist di Facebook dan
mengundang mereka untuk memberikan like pada halaman fans page kita.
Cara ini gratis dan bisa kita lakukan berkali-kali, tapi saran saya
sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya karena bisa membuat orang
lain tidak nyaman.
Bila punya teman yang terkenal di #media
sosial Facebook, Anda bisa meminta bantuannya untuk memberikan
endorse, melalui endorse tersebut kemungkinan akan semakin banyak yang
mengenal dan memberikan like pada fans page Anda. Beberapa teman
Facebook pasti akan memberikan like secara sukarela, tapi jangan terlalu
berharap akan mendapat banyak like dengan cara ini.
Sebagai contoh, Anda bisa melihat gambar
di bawah ini. Saya mengirimkan undangan ke banyak teman Facebook, tapi
tidak semua memberikan like pada fans page saya. It’s ok, kita masih
punya banyak cara lainnya.
Gambar,
Tutup Spoiler «4. Memasang Facebook Like Box di Halaman Website
Berdasarkan pengalaman saya cara ini
sangat efektif untuk meningkatkan jumlah like Facebook fans page, dan
tentunya likers adalah mereka yang memiliki minat yang sesuai dengan
konten yang ada di website Maxmanroe.com. Facebook like box ini bisa
ditempatkan di bagian sidebar, footer, atau dalam bentuk pop up yang
tampil secara elegan untuk ‘mencuri’ perhatian visitor. Untuk website
Maxmanroe sendiri menggunakan Facebook like box dalam bentuk pop up.
Saya menggunakan plugin Facebook Page Promoter Lightbox Premium untuk
membuatnya, versi gratisnya tersedia bagi para pengguna WordPress.
Ada plus minus penggunaan Facebook like
box dengan tampilan pop up. Keuntungannya adalah, kita bisa langsung
mendapatkan perhatian visitor ketika masuk ke halaman website kita,
dengan begitu kesempatan akan lebih besar untuk mendapatkan like dari
mereka. Sayangnya, hal ini sekaligus mengganggu kenyamanan mereka
sehingga terkadang visitor merasa sebal dan malah menutup halaman
website kita.
Saya sangat menyarankan agar pop up
Facebook like box hanya ditampilkan sekali saja untuk satu IP komputer,
sehingga tidak muncul berkali-kali ketika visitor membuka halaman lain
di website Anda. Selain itu, berikan tombol close pada pop up tersebut
agar visitor bisa membaca konten Anda tanpa harus memberikan like
terlebih dahulu. Ada beberapa website yang pernah saya kunjungi
menampilkan pop up Facebook Like box dimana pop up tersebut tidak bisa
ditutup oleh visitor sebelum memberikan like atau harus menunggu selama
30 detik. Wah sangat mengganggu. Tunjukkan bahwa website Anda
profesional dan tidak ‘mengemis’ like dengan cara yang tidak etis.
Gambar,
Tutup Spoiler «5. Promosikan Facebook Fans Page Melalui Media Lain
Selain Facebook, tentunya Anda juga
memiliki media sosial lain, misalnya Twitter, LinkedIn, Google Plus,
YouTube, Instagram, dan Pinterest. Nah kita bisa memanfaatkan berbagai
media sosial tersebut untuk saling mempromosikan akun media sosial milik
kita yang lain, biasa disebut dengan cross promote.
Selain itu, kita juga bisa mempromosikan
Facebook Fans Page melalui media lainnya, misalnya melalui signature
email, signature forum online, pada kartu nama, dan lain-lain. Promosi
seperti ini memang terlihat sederhana dan gratis, tapi sebenarnya bisa
berdampak besar bagi pertumbuhan fans base bisnis Anda di Facebook.
Gambar,
Tutup Spoiler «6. Aktif Memposting Konten Bermanfaat
Salah satu cara terbaik untuk
meningkatkan jumlah fans Anda di Facebook adalah dengan memperlakukan
mereka seperti manusia, artinya kita harus aktif memposting konten yang
bermanfaat di Fans Page. Fans yang membaca konten bermanfaat di fans
page tidak akan sungkan untuk melakukan like dan share konten tersebut
sehingga nantinya akan semakin banyak orang yang membacanya, dan ini
bisa berlangsung terus menerus. Bayangkan dampak positive-nya bagi
bisnis Anda.
Seperti apa sih konten bermanfaat itu?
Sebenarnya konten bermanfaat itu sangat banyak, namun pastikan bahwa
konten tersebut masih berhubungan dengan topik bisnis Anda. Misalnya
Anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan kesehatan (obat herbal),
maka konten yang bisa Anda share di Facebook fans page adalah konten
yang masih berhubungan dengan kesehatan. Konten ini bisa dalam bentuk
teks dan gambar, atau dalam bentuk video, atau bahkan Anda bisa
mengirimkan link dari halaman website Anda dan dilengkapi dengan link
call to action.
Ini salah satu contoh konten yang pernah saya share di Facebook fans page,
0 comments:
Posting Komentar