Sabtu, 24 Desember 2016

Takaran Dosis minyak zaitun extra virgin

Penggunaan minyak zaitun EXTRA VIRGIN baik sebagai hidangan maupun sebagai sarana pengobatan, perawatan kecantikan, pada dasarnya tidak dikenal adanya dosis penggunaan, Anda tidak perlu khawatir terjadi overdosis atau terjadi efek samping yang berbahaya jika menggunakan jenis EXTRA VIRGIN “ASLI”, akan tetapi sebaiknya gunakan dalam batas-batas wajar saat Anda mengkonsumsinya secara langsung (diminum) pada awal pertama. Penggunaan minyak zaitun extra virgin pada konsumsi sehari hari baik dengan diminum langsung dengan ukuran tertentu maupun untuk memasak akan meningkatkan kesehatan, hal ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Dari pengalaman kami, pada penggunaan konsumsi langsung (diminum langsung) disarankan pengunaan  minimum 2 sd 5 sdm dan 2 gelas air putih di pagi hari , sekitar 1 jam sebelum sarapan dan saat 1 jam setelah makan malam dengan atau tanpa air. Kuantitas tersebut tadi merupakan kuantitas yang kami gunakan secara pengalaman pribadi untuk diminum langsung dengan efek kesehatan yang kami rasakan sangat memuaskan. Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan untuk campuran bahan makanan seperti salat ,dsb pada aktifitas sehari-hari, karena tidak dikenal adanya efek samping pada penggunaan dalam jumlah banyak sekalipun , pada jenis EXTRA VIRGIN murni/asli.

Pada beberapa kasus penggunaan secara langsung (diminum langsung) , dilaporkan timbulnya diare ringan sementara, akan tetapi kuantitas (dosis) yang dicurigai penyebab timbulnya diare ringan ini pada setiap orang berbeda. Jika Anda mengalami hal ini, hentikan konsumsi langsung hingga diare berhenti, kemudian mulailah konsumsi dengan kuantitas rendah , misalnya 1/4 sendok teh yang kemudian ditingkatkan untuk setiap minggunya, hingga kuantitas yang diinginkan.

Pada penggunaan untuk memasak/bahan pengolah makanan dapat diperlakukan sebagaimana penggunaan minyak nabati lainnya dalam kegiatan sehari-hari, jika digunakan untuk menggoreng, sebaiknya jangan gunakan minyak zaitun setelah 2 kali penggunaan untuk menggoreng.
Pada penggunaan langsung untuk anak-anak, perhatikan kemampuan anak-anak dalam menelannya karena ada resiko tersedak. Minyak zaitun extra virgin sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak mengingat gizinya yang tinggi. Mulailah dengan dosis terkecil yang kemudian ditingkatkan setiap minggunya , jika digunakan untuk konsumsi langsung.

Batasan kuantitas awal yang kecil hanya bertujuan untuk memudahkan adaptasi dan menghindari resiko diare ringan yang mungkin terjadi, akan tetapi jika Anda yakin bahwa Anda mampu dapat menahan reaksi tersedak dan dengan mudah beradaptasi dengan aroma cita rasanya, maka silahkan Anda memulai dengan kuantitas yang Anda inginkan.

Dalam kondisi perawatan khusus , dimana Anda sedang dalam perawatan pengobatan yang mengharuskan dikonsumsinya obat-obatan pengendali tekanan darah dan penetralisir kadar gula darah, maka sebaiknya hanya mengkonsumsi langsung (diminum langsung) dalam jumlah terbatas, mengingat minyak zaitun extra virgin memiliki efek menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah, sehingga dikhawatirkan gula darah dan tekanan darah Anda akan menjadi sangat rendah jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tersebut.
Pada beberapa kasus bahkan minyak zaitun extra virgin dijadikan sebagai media perawatan pengganti obat-obatan kimia bagi para penderita penyakit tekanan darah dan gangguan kadar gula darah.
Jika diperlukan konsultasikan hal ini dengan dokter Anda terlebih dahulu. (baca)

Mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin pada beberapa penelitian telah memberikan cukup bukti sebagai  cara meminimalisir potensi penyakit diabetes dengan membantu dalam menetralisir kadar gula dalam darah, akan tetapi belum memiliki bukti kuat (masih dalam berdebatan) memiliki potensi memulihkan fungsi pangkreas secara penuh dalam menghasilkan insulin.
Dari beberapa referensi penelitian dianjurkan konsumsi langsung minimal 2 sendok dalam sehari untuk dapat merasakan manfaatnya.  Adanya penulisan dosis pada beberapa produk lokal minyak zaitun tidak memiliki dasar , akan tetapi lebih bersifat subyektif (mengira-ngira).

Kemungkinan pada beberapa orang yang memiliki masalah dengan perut terjadi efek pencahar akan tetapi hal ini akan hilang dengan sendirinya atau jika berlanjut hentikan penggunaan , dan mulai dengan menggunakannya dalam ukuran yang kecil yang ditingkatkan setiap minggunya. Minyak zaitun extra virgin sangat baik untuk menjaga kesehatan perut dalm hal ini lambung. (baca: Manfaat zaitun pada maag dan kanker perut).

Khususnya pada EXTRA VIRGIN ORGANIK tersertifikasi akan dipastikan lebih aman , karena terjamin tidak mengandung sisa/residu zat substan kimia sisa penggunaan pupuk, pestisida, pewarna, pengawet , aroma sintetis yang semakin sering digunakan pada minyak zaitun reguler secara diam-diam. Untuk mendapatkan khasiat nutrisi minyak zaitun EXTRA VIRGIN bagi kesehatan tubuh maka sebaiknya gunakan ukuran kemasan yang dapat Anda habis konsumsi dalam waktu sekitar 30 hari setelah kemasan dibuka.

Sumber:  http://www.zaitun.info/tips-penggunaan-minyak-zaitun/

0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers