Selasa, 08 Juli 2014

Mengobati Carpal Tunnel Syndrome / Menyembuhkan CTS (Sindroma Terowongan Karpal)

Hanya sekedar ingin berbagi pengalaman karena saya pernah mengalami CTS (Carpal Tunnel Syndrome) dan merasakan bagaimana penyakit tersebut mempengaruhi aktivitas fisik serta psikologis pada keseharian saya waktu itu.

Kira-kira 2 tahun yang lalu tepatnya 1 mingguan setelah melahirkan faris (anak pertama) saya mengalami CTS. Awal mulanya ketika saya bangun pagi setelah ngelonin faris tangan kanan saya terasa kesemutan. Beberapa hari berselang permukaan jari-jari tangan kanan(pada ujung jari) mulai terasa baal/kebas. Awalnya hanya pada ujung jari tengah kemudian menjalar pada ujung jari manis dan telunjuk. Tidak hanya itu saja, mati rasa itu kian membuat saya takut karena semakin meluas ke bagian bawah menuju ke telapak tangan. Saat meraba benda bertekstur kasar, indera peraba saya tidak berfungsi/matirasa. Namun alhamdulillah ketika saya coba tekan dan membakar jari diatas kompor, masih ada sensasi tekanan dan masih dapat merasakan panas.

Setelah searching di internet, beberapa artikel membuat saya yakin bahwa saya terkena CTS, terutama karena jari kelingking saya tidak mengalami efek baal/kebas sama sekali. Kemudian saya mencoba berkonsultasi dengan dokter Ortopedi di RS Elisabeth Semarang (kebetulan waktu itu saya masih cuti melahirkan di semarang) ternyata diagnosanya juga sama. Kata dokter kalau baalnya semakin menjalar maka harus dilakukan bedah kecil pada median nerve. Pilihan yang sangat tidak saya inginkan...
Karena tak kunjung sembuh setelah minum obat dokter dan mencoba beberapa pengobatan alternatif akhirnya saya putuskan untuk kembali ke Jakarta untuk mencari kemungkinan yang lain.

Setiba di Jakarta saya mencoba pengobatan refleksi beberapa kali memang menampakkan hasil. Hanya saja beberapa jam setelah refleksi, baal itu tetap meluas. Lebih cepetan meluasnya daripada sembuhnya, pikir saya. Sehingga alternatif refleksi saya hentikan. Jadi selama masuk kerja terpaksa tangan kanan diistirahatkan total & tangan kiri mengambil alih untuk klak-klik kompi dan nge-baseline sample GC + titrasi di lab.

Alhamdulillah doa saya terkabul, kesembuhan saya bermula dari seorang teman yang menawarkan gelang magnet & FIR Amega (tipe ion bracelet). Awalnya saya coba pakai selama beberapa jam dan ada perbedaan, kemudian saya membeli dan memakainya selama kurang lebih 3 minggu. Baal dan kesemutan berangsur menghilang.. (bukan bermaksud promosi, hanya ingin sharing pengalaman pribadi saja).
Menurut teorinya FIR dan magnet pada gelang membantu membuka jalan bagi nutrisi untuk mengalir kembali ke dalam saraf yang selama ini telah menyempit ( pada kasus saya , CTS disebabkan saraf lengan kanan tertekan terlalu lama akibat salah posisi tidur sehingga nutrisi tidak dapat mengalir pada saraf median dan efeknya adalah penyempitan saraf sehingga berakibat mati rasa). Apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus maka saraf dapat menjadi rusak dan lebih sulit untuk disembuhkan. Semakin cepat penanganan maka akan semakin cepat proses pemulihannya.
Sayangnya karena kecerobohan saya, gelang tersebut terkena setrum 9000 volt sehingga sudah tidak ngefek lagi, T_T...( kebetulan saya kelupaan melepas saat mengikuti pengobatatan gratis medic 9000). Alhamdulillah dipinjami gelang oleh ibu Uci sampai baalnya benar2 sembuh.
Selain dengan bantuan gelang dan mengistirahatkan tangan dari aktifitas berulang, saya juga melakukan exercises untuk menstimulasi semua otot2 di pergelangan tangan.
Untuk exercises-nya semoga dapat segera saya bagikan lewat tulisan lainnya di blog ini.

Ingin tau lebih jauh apa sih CTS itu, let's check it out...

CTS (Carpal Tunnel Syndrome) adalah sindrom yang terjadi akibat adanya tekanan terhadap saraf medianus (saraf tengah) didalam terowongan karpal pada pergelangan tangan sehingga menyebabkan kesemutan, matirasa/kebas/baal dan kelemahan otot di tangan.
Meningkatnya tekanan dalam terowongan karpal menyebabkan saraf medianus terjepit sehingga aliran darah ke tangan menurun akibatnya otot pergelangan tangan akan kekurangan nutrisi dan O2. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama otot yang kekurangan makanan tadi akan mengecil sehingga tenaga otot berkurang bahkan bisa menimbulkan cacat permanen. Oleh karena itu apabila muncul kesemutan tanpa sebab yang jelas , misalnya tertindih, sekaligus disertai gejala lain yang mirip dengan CTS , harus segera direspon. Makin cepat respon, makin baik karena pemulihannya akan semakin mudah dan cepat.

Apa saja gejala CTS??

  • Gejala yang umum terjadi pada CTS adalah kesemutan dan mati rasa pada jari tangan (kecuali jari kelingking, karena jari tersebut dikendalikan oleh saraf yang berbeda).
  • Adanya sensasi kesemutan, mati rasa atau nyeri pada tangan di malam hari (baik lengan bawah maupun pergelangan tangan itu sendiri).
  • Pada kasus yang lebih parah, kehilangan kekuatan mencubit dan mengepal serta menggenggam.

Apa penyebab CTS?
Sindrom ini muncul bila terjadi tekanan pada nervus medianus/ saraf median yang biasanya disebabkan oleh:
  • Gerakan berulang pada pergelangan tangan (dalam periode waktu yang lama) misalnya mengetik keyboard kompi dimana posisi tangan tidak ergonomis; mengulek sambal; megang mouse; terlalu semangat mengetik sms; memeras cucian/baju; mainin Play station, alat musik dll.
  • Perubahan hormonal khususnya pada wanita seperti kehamilan, menopause, penggunaan alat kontrasepsi oral dll (oleh sebab itu CTS lebih sering terjadi pada perempuan).
  • Karena penekanan, seperti tertindih ketika tidur akibat posisi tubuh tertentu sehingga membuat saraf medianus terjepit.
  • Defisiensi vit B terutama vit B9/asam folat dan vit B12 sehingga pembentukan sel darah merah terhambat/Hb rendah (silakan cek darah dan konsultasi apakah hb anda rendah)
  • Diabetes melitus (komplikasi dari neuropati diabetik).
  • Cedera (dislokasi dan fraktur).
  • Obesitas, arthritis rheumatoid, gout, hipotiroid.
  • Faktor genetik
http://susyanairiani.blogspot.com/2010/07/mengobati-menyembuhkan-sindroma.html

0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers