Rabu, 27 November 2013

Membangun Blog Niche 1: Plugin, Theme, Sitemap, dan Index

Tulisan ini menyambung artikel sebelumnya, Membangun Niche Blog dari “NOL Besar”. Yang intinya membahas perjalanan saya mambangun blog niche sampai saya mendapatkan keuntungan bersih 5 juta rupiah.

Oke, saya di sini minta maaf sudah mengingkari janji saya. Sebelumnya saya pernah menulis tidak akan memakai free tools. Tetapi akhirnya saya ingkari itu.

Karena beberapa hari kemudian akhirnya saya memakai theme premium dan plugin premium, THESIS dan SEOPressor.

Alasannya adalah meta tags dan index.

Jumlah impresi di google
Jumplah impresi di google
Jadi ceritanya begini…

Tidak biasanya blog yang saya buat sulit di-index oleh google. Sudah lebih dari 7 hari google hanya mengindex satu halaman saja.

Asumsi saya adalah theme dan meta. Untuk theme biasanya saya memakai THESIS dan untuk meta tags saya mengandalkan SEOPressor. Ketika membuat blog niche ini saya tidak memakai itu.

Jadi kita lihat saja hasilnya nanti…

Nice, Hosting, dan Domain

Karena saya sangat tertarik dengan teknologi, saya memutuskan untuk mengambil niche teknologi secara umum. Kontennya meliputi review, berita terbaru, dan tips-tips teknologi.

Saya mengambil domain bukan berdasarkan keyword, tetapi branding. Saya bisa saja mengambil domain beritateknologiterbaru.com, tetapi saya tidak suka keyword on domain. Hampir semua domain yang saya miliki adalah branding domain.

Lalu domain apa yang saya ambil??

Ini adalah domain yang saya registrasikan sudah cukup lama, namun baru sekarang saya pakai. Nama domainnya adalah texnologi.com.

Kita lihat saja nanti, apakah texnologi.com akan berhasil atau tidak.

Mengenai Hosting, saya sudah menyinggung kalau saya tidak akan memakai VPS. ALasannya adalah untuk mengetahui kebutuhan nantinya jika sudah memerlukan VPS.

Maksud saya adalah agar kamu bisa melihat sendiri perkembangan kapan blog niche yang saya bangun ini memerlukan VPS.

Saya memakai hosting dari ARVIXE, paket personal. Hostingya Unlimited dan murah meriah. Baca review saya memakai ARVIXE.

Theme dan Plugin

Meskipun saya memakai theme dan plugin premium, tetapi saya tidak membeli theme dan plugin tesebut. Kenapa? karena saya dulu membeli lisensi unlimited.
Thesis wordpress framework
Saya menginvestasikan uang saya untuk THESIS theme ketika masih versi 1.8.5, dan SEOPressor sekitar awal 2013. Jadi biaya yang saya keluarkan untuk texnologi.com di theme dan plugin masih Rp 0,- untuk theme dan plugin.
SEOPressor Worpress SEO
Alasan saya memakai THESIS adalah ringan, cepat, dan fitur SEO nya yang sudah mendukung schema.org. Sangat sedikit theme yang meskipun premium sudah mendukung SEO. Dan SEOPressor untuk optimasi keyword.

Selain itu, sulitnya indexing mesin pencari membuat saya mengingkari janji saya untuk tidak memakai tools premium.

Sampai saat ini link yang baru di index google hanya 1. Saya berharap adanya perubahan setelah memakai tools premium tersebut.

Berikut adalah ringkasan theme dan plugin yang saya pakai.

Theme dan Plugin yang Saya Pakai

Laporan Pengeluaran

Sementara ini belum ada laporan pemasukan, yang baru bisa saya kabarkan bahwa blog niche yang saya bangun ini hanya di index satu link saja.

Google webmaster tool Index
Total URL yang di-index
Berikut adalah laporan pengeluaran keungan dari seri membangun blog niche ini.
  • Domain, Texnologi.com Rp. 87.872,30 — Registrasi di masterweb.net.
  • Hosting, Arvixe USD 5.60 — Bayar per bulan.
  • Total, Rp. 87.872,30 dan USD 5.60

Lalu Apa Saja yang sudah saya lakukan

Beberapa hari setelah saya membuat blog itu, saya menulis beberapa konten lalu membuat akun Google Analytic, Webmaster Tools, FeedBurner, dan Fan page di twitter, Google plus, dan Facebook.

Setelah itu saya submit sitemap di Google Webmaster tools, mengganti feed default menjadi http://feeds.feedburner.com/texnologicom, dan verifikasi Google autorship.

Saya belum melakukan link building dan promosi SEO offpage lainnya. Yang akan saya fokuskan untuk satu bulan ini adalah SEO on page.
**
Simak kelanjutan seri membangun blog niche untuk mendapatkan keuntungan bersih 5 juta rupiah. Jika kamu belum membaca tulisan sebelumnya, baca seri membangun blog niche Rp 5 juta.
Jangan lupa subscribe dan kasih saya komentar. OK ;)

http://www.ngeblog.co/membangun-blog-niche-1-plugin-theme-sitemap-dan-index/

0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers